Rabu, 08 Agustus 2007

Televisi dan Perkembangan Propaganda

TUGAS 1

Sejarah Teknologi Televisi

- Tahun 1880-1920

· Pesawat Televisi yang pertama kali mengudara

- Tahun 1930-1950

· Penggunaan Remote Control untuk yang pertama kali

· Penggunaan TV Kabel untuk pertama kali

- Tahun 1960-1980

· Televisi Satelite

· HDTV (High Definition Television)

- Tahun 1990-sekarang

· Televisi Internet

SUMBER : http://www.fcc.gov/omd/history/tv/

TUGAS 2

Propaganda Th 1942 dan Th 2007

Klip yang berisikan propaganda Jepang pada tahun 1942, tentu saja mengalami kendala dalam menyebar-luaskan informasi yang terdapat dalam klip tersebut. Karena seperti yang kita ketahui bahwa teknologi pada tahun 1942 kurang memungkinkan masyarakat bisa mendapatkan atau melihat klip tersebut dengan mudah. Tidak seperti yang bisa kita lakukan di era teknologi tinggi saat ini.

Televisi sudah ditemukan sejak tahun 1876, namun mengalami banyak perkembangan dalam mencapai hasil yang lebih maksimal. Pada tahun 1940, televise berwarna telah diciptakan. Namun pada zaman itu masyarakat masih lebih banyak menggunakan televisi hitam putih. Tetapi di asia, yang memiliki televisi pun hanya sebagian kecil dari masyarakat. Maka itu penyebaran klip tersebut yang bisa dijangkau dengan mudah pada masa tersebut adalah melalui penyiaran televisi.

Dalam menjangkau masyarakat luas yang masih belum memiliki televisi, dapat juga dijangkau dengan layar besar yang pemutarannya dapat dilakukan dengan mesin proyektor. Penggunaan layar besar dan proyektor dapat dengan mudah menjangkau masyarakat yang lebih luas. Karena biasanya pemutaran klip dengan alat ini dilakukan di tempat atau daerah pusat dimana terdapat banyak masyarakat yang dapat melihat klip tersebut. Pemutaran klip tentu saja tidak dilakukan dalam intensitas waktu yang tidak teratur. Untuk menarik minat masyarakat agar dapat menyaksikan, haruslah menggunakan media lain untuk memberitahu tentang penayangan klip tersebut. Contoh media lain tersebut adalah melalui radio. Karena pada saat itu perkembangan radio sudah dapat mencapai masyarakat luas. Hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui adanya pemutaran klip atau video secara massal. Contoh lainnya adalah melalui selebaran yang dibagikan kepada masyarakat.

Dilihat dari perkembangan dari tahun 1942 sampai saat ini (2007), untuk masyarakat dapat menyaksikan klip tersebut sudah sangat berbeda. Karena pada saat ini teknologi sudah sangat canggih. Alat yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk melihat klip tersebut bukan saja melalui siaran televise lokal/nasional. Siaran televisi bisa dilihat juga melalui satelit dan internet dari media komputer ataupun telepon genggam. Selain itu, bisa juga disebar luaskan melalui media perantara yaitu CD/DVD, Flash Disk, Memory Card, dan sebagainya. Maka, kita dapat menyimpulkan bahwa untuk menyampaikan informasi dalam bentuk atau format apapun, terutama klip video pada zaman sekarang manusia dapat menggunakan berbagai media dan perantara untuk menjangkau informasi tersebut.

SUMBER : http://id.wikipedia.org/wiki/Televisi

Kelompok 2

  • Almaida Nandy 04120060035
  • Aisya Adiputri 04120060088
    • Melissa Gilbert 04120060142
  • Ayumi Astriani 04120060145

Tidak ada komentar: