Rabu, 22 Agustus 2007

REPORTER

Perbedaan Teknologi Penyampaian Informasi Zaman Dahulu dan Sekarang

Zaman Dahulu
Pada zaman dahulu proses penyampaian pesan masih terbatas oleh ruang dan waktu. Hal ini menyebabkan orang-orang yang tinggal dalam lokasi yang berjauhan sulit untuk mengetahui peristiwa yang sedang terjadi di tempat lain karena teknologi pada zaman itu belum berkembang dengan baik. Alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi pada saat itu adalah telepon. Telepon adalah alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, dengan telepon pertama dibuat di Boston, Massachusetts, pada tahun 1876. Setelah terciptanya telepon, telegram diciptakan.
Telegram adalah pesan yang dikirim dengan telegrap, tercetak di atas kertas, dan lalu disampaikan oleh seorang pengantar. Pelayanan telegram umum pertama didirikan di Inggris pada tahun 1853. Menjelang tahun 1900 lebih dari 80 juta telegram dikirim orang setiap tahun. Telegram masih digunakan untuk komunikasi ke mancanegara, tetapi kebanyakan orang memilih memakai telepon untuk ber-komunikasi jarak jauh yang cepat.

Reporter zaman dahulu menggunakan media massa pasti seperti surat kabar, radio dan majalah untuk menyampaikan berita. namun media massa tersebut juga masih terbatas hanya di ruang lingkup yang kecil. maka itu orang-orang berusaha menyampaiknannya lewat telepon ataupun telegram.



Zaman Sekarang
Seiring berjalannya waktu, proses penyampaian pesan bisa dilakukan dengan cara yang lebih cepat dan juga tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Proses ini dapat berlangsung karena pada zaman sekarang telah terdapat teknologi yang jauh lebih canggih dari zaman dahulu yaitu berupa internet. Karena lewat internet kita tidak hanya bisa mendapatkan informasi melalui tulisan atau surat kabar ataupun majalah, namun bisa juga mendengarkan radio dari seluruh penjuru Negara dan menonton siaran televise dari berbagai channel di dunia melalui internet. Aktualitas berita yang disajikan oleh internet juga sangat baik, karena peristiwa yang terjadi di suatu tempat bisa langsung diketahui oleh orang-orang ditempat lain yang megaksesnya dalam waktu yang bersamaan.

Reporter zaman sekarang lebih mudah untuk mendapatkan informasi-informasi sehingga pembaca lebih cepat mendapatkan informasi. walaupun mereka dari media yang berbeda-beda, para pencari informasi bisa mendapatkannya dengan mudah melalui internet dengan waktu yang lebih singkat.

Tidak ada komentar: