Rabu, 29 Agustus 2007

Pemanfaatan Layanan / teknologi 3G

3G adalah teknologi yang dapat bertatap muka dengan lawan bicara melalui handphone. Saat ini 3G telah menjadi pilihan banyak orang untuk melakukan komunikasi. Karena 3G memiliki kemampuan untuk menyalurkan komunikasi data dengan sangat cepat. Jaringan 3G juga mampu menyalurkan data dengan kecepatan sampai di 1,6 Mbps ketika dalam keadaan diam. Jika Node B (BTS 3G) dipasangkan dengan perangkat high speed downlink packet access (HSDPA), kecepatannya bisa mencapai 7,2 Mbps.
Berikut ini adalah 3 alasan mengapa 3G menjadi pilihan koneksi internet. Yang pertama, mobilitas, di mana saja sepanjang ada jaringan 3G bisa dilakukan koneksi ke internet. Kedua, kecepatan sekelas broadband dari 358 Kbps hingga 1,6 Mbps. Ketiga, gampang digunakan baik dalam prosedur berlangganan maupun proses instalasinya
Kehadiran teknologi 3G juga menghadirkan berbagai perangkat yang memberikan kemudahan untuk memanfaatkan akses broadband seluler dalam kecepatan tinggi. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya perangkat yang ditawarkan, mulai dari modem data untuk mengakses jaringan internet sampai perangkat kamera yang bisa menjadi video call atau pemantau keamanan jarak jauh. Salah satu produk yang belum lama ini dicoba adalah Callisto buatan Qool Labs Pte Ltd asal Singapura yang selama ini dikenal juga menjajakan produk PDA dan ponsel cerdas. Callisto adalah perangkat video call menggunakan koneksi 3G dan dirancang secara unik mirip sebuah telur raksasa.
Ketika melakukan uji coba jaringan seluler generasi ketiga yang disebut sebagai 3G, menelusuri jalur selatan dari Surabaya ke Solo melalui Madiun dan Sarangan, ada perangkat menarik yang ikut dalam perjalanan ini dan diuji coba memanfaatkan akses 3G. Perangkat ini adalah LifeCam NX-6000 buatan Microsoft yang baru saja diperkenalkan di pasaran. Yang menarik dari buatan Microsoft ini adalah bisa digunakan untuk konferensi video ini adalah spesifikasi NX-6000 yang memiliki video definisi tinggi dengan resolusi 2 megapiksel, serta foto digital dengan resolusi 8 megapiksel. Jadi Webcam NX-6000 adalah produk berkualitas yang impresif, menjadi perangkat pendamping akses jaringan 3,5G yang menarik untuk digunakan di mana saja.

Tidak ada komentar: