Rabu, 05 September 2007

Tugas Kelompok 2 - 06/09/07

1. DAPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Perkembangan tekhnologi yang semakin canggih dapat memberikan pengaruh positif dan negatif terhadap perilaku dan budaya manusia.Saat ini manusia menggunakan telepon genggam (hp) sebagai kebutuhan primer karena selain dapat digunakan untuk telpon, hp juga terdapat kamera yang digunakan untuk photo, mendengarkan radio, mengirim pesan, dan mengakses internet (download).Teknologi sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari manusia dalam melakukan pekerjaan karena dapat mempermudah mendapatkan informasi secara cepat, dapat bertatap muka secara langsung dengan fasilitas 3G dan dengan mengakses internet dimanapun.
Manusia menjadi lebih global dan up to date dalam menjangkau sesuatu yang berada dimanapun seperti di luar negri.Dengan teknologi yang beraneka ragam manusia menjadi lebih mudah menghasilkan sesuatu secara instan seperti membuat film, iklan, majalah, foto dll.Selain itu dengan adanya game di hp, tv, komputer/laptop maupun game sega anak-anak lebih tertarik untuk bermain game daripada belajar. Maka dari itu intensitasnya tidak boleh terlalu sering karena berdampak kurang baik bagi anak-anak.Selain itu dampak yang lain bagi budaya adalah budaya modern lebih cepat mempengaruhi budaya tradisional karena melalui melalui perkembangan teknologi seperti media elektronik, manusia dapat melihat, mendengar, mengetahui, dan mempelajari budaya lain.



2. GLOBAL VILLAGE
Peristiwa di sudut bumi manapun dengan cepat dapat dikomunikasikan ke seluruh dunia. Akibatnya manusia semakin menyadari posisinya sebagai sesama warga satu desa dunia atau Global Village. Sebagaimana halnya warga desa yang saling kenal mengenal satu sama lain serta selalu saling bergotong royong dalam mewujudkan keamanan dan kesejahteraan seluruh warga, demikian pula hendaknya sikap manusia sebagai sesama warga planet bumi
Global Village (kampung dunia) adalah komunitas yang ada di dunia yang saling terhubung secara global. Global Village merupakan kiasan yang ingin menunjukkan betapa dunia ini makin hari menjadi makin tanpa batas (borderless world). Contoh nyatanya adalah krisis Timur Tengah yang meskipun secara jarak terpaut ribuan mil, saat ini mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari terbukti dengan naiknya harga bensin pada tanggal 1 April 2007.
Teknologi televisi dan internet merupakan teknologi yang digunakan dalam Global Village. Televisi telah menghadirkan beragam bentuk realitas serba cepat dan instant. Begitu juga internet yang menyebabkan banjir dan luapan informasi. Internet bagaikan sebuah kota elektronik yang sangat besar dimana setiap penduduk memiliki alamat (Internet Address) yang dapat untuk berkirim surat atau informasi. Jika penduduk itu ingin mengelilingi kota elektronik tersebut, cukup dengan menggunakan komputer sebagai kenderaan. Perhubungan jalannya bertumpu di atas media telekomunikasi. Hal inilah yang menyebabkan dunia pada saat ini disebut sebagai "Global Village" atau "Perkampungan Sejagat".

3. HUBUNGAN ANTARA PERTEKOM DENGAN PR, JURNAL DAN IMC

Public Relation :
Dalam membuat hubungan organisasi atau perusahaan dengan costumer demi menjaga citra oranisasi organisasi atau perusahaan tersebut biasanya seorang PR membuat pers conference dengan slide show. Dalam hal ini seorang PR menggunakan internet untuk mendapat informasi mengenai organisasi atau perusahaan lain untuk perbandingan dengan organisasi atau perusahaannya. Dalam melakukan presentasi biasanya menggunakan gambar, table, dan video yang bisa didapat dari internet juga bisa langsung mendownload.

Jurnalistik :
Dalam membuat pekerjaan jurnalistik, para journalist juga memanfaatkan tekhnologi komunikasi yaitu internet dan alat perekam. Dengan internet journalist bisa mendapatkan informasi dengan sangat cepat dan dengan alat perekam para journalist tidak harus mencatat semua yang dikatakan oleh narasumber jadi hanya merekan lewat alat perekam.

Intergated Marketing Communication :
IMC dapat mempublikasikan iklan yang telah dibuat lewat internet, TV, radio, dan surat kabar. Dalam mempublikasikan lewat internet, iklan yang dimuat dapat dengan cepat sampai kepada khalayak. Iklan yang dimuat tidak hanya berupa tulisan yang kurang menarik, tapi juga bisa berupa grafis dan animasi serta dapat menggunakan lagu agar lebih menarik.

Tidak ada komentar: